Kawaii Cute Dancing Kaoani

Senin, 13 Februari 2017

RESENSI NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN


Surat Kecil Untuk Tuhan

IDENTITAS BUKU
Judul                        : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis                      : Agnes Davonar
Penerbit                    : AD Publisher
Tahun terbit              : 27 Juli 2012
Dicetak oleh             : PT Nusantaralestari Ceriapratama
ISBN                        :  978-979-056-084-0
Tebal buku               : 246 halaman

MEMPERKENALKAN PENGARANG
              Agnes davonar adalah sebuah fenomenal di dunia sastra Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog. Kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkan lima novel online dan 42 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya. Tak heran bila sebuah kutipan dari sebuah portal informasi detik.com mengatakan “bahwa tidak sulit untuk mencari karya dari seorang Agnes davonar ”
              Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil nama dari adiknya.Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya. Agnes lahir di Jakarta 8 oktober, sedangkan Davonar lahir di Jakarta, 7 Agustus mereka adalah Dua saudara yang besar dalama lingkunganseni.
              Agnes berkerja sebagai karyawan swasta dan Davonar berkuliah di Universitas sastra Jepang Bina Nusantara. Keduanya memiliki hobby yang sama yakni menyukai olahraga. Tapi kelihaian menulis telah mengantarkan keduanya sebagai penulis muda berbakat dalam jajaran sastraIndonesia.


ISI NOVEL
          Surat Kecil Untuk Tuhan (SKUT) adalah sebuah novel yang diangkat dari kisah nyata seorang gadis 13 tahun yang bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke penderita kanker ganas Rabdomiosarkoma (kanker Jaringan Lunak) yang menyerang bagian wajah. Kanker ini mengrogoti bagian wajah Keke hingga terlihat seperti monster. Keke diprediksikan hidup tinggal 5 hari lagi, walaupun dalam keadaan sulit Keke terus berjuang untuk tetap hidup dan tetap bersekolah layaknya gadis normal lainnya. Perjuangan keke dalam melawan kanker ternyata membuahkan hasil ia dapat hidup lebih lama. Keberhasilan Dokter Indonesia dalam menyembuhkan kasus kanker pertama kali terjadi di Indonesia ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua dokter dunia bertanya-tanya.
            Namun kanker itu datang lagi pada Keke, kali ini dengan lokasi berbeda yaitu di pelipis mata sebelah kanan. Dokter Keke menyerah dengan kanker ganas ini yang semakin lama semakin ganas yang tidak dapat disembuhkan dengan cara apapun selain operasi yang masih belum tentu kesembuhannya dan Keke merasa putus asa tapi dibalik itu semua Keke merasa bersyukur karena ia bisa bertahan hidup selama dari 5 hari bertahan 3 tahun lamanya.
Di nafasnya terakhir itulah ia menuliskan sebuah surat kecil untuk Tuhan. Surat yang penuh kebesaran hati remaja Indonesia yang berharap tidak ada lagi air mata di dunia ini terjadi pada siapapun. Hingga pada tangal 25 Desember 2006, Keke menghembuskan nafas terakhir pada pukul 11 malam.

GAYA BAHASA
            Novel ini disajikan dengan bahasa yang cantik dan mampu menyihir pembaca sehingga mereka bisa ikut merasakan perjuangan tokoh, kesedihan, ketabahan, tidak putus asa, selalu mensyukuri nikmat Allah swt dan tidak pernah putus asa. Dan pastinya membuat ribuan air mata pembaca berjatuhan setelah membaca kisah Gita Sesa Wanda Cantika yang melawan kanker ganas.

KEUNGGULAN
Keunggulan dari novel ini yaitu          :
1. Novel ini dapat memberikan inspirasi untuk menghadapi ujian yang di berikan oleh Tuhan
2. Kita harus sabar dan tabah seperti yang dialami oleh keke
3. Diangkat dari kehidupan nyata yang sangat menyentuh.

KEKURANGAN
Kekurangan dari novel ini yaitu          :
1. Penulisan kata yang salah juga ada penulisan yang kurang menarik
2. Kata kata yang masih sulit untuk dimengerti membuat pembaca berimajinasi lain dalam
    menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
3. Kertas yang digunakan kurang menarik.

KESIMPULAN

Dalam novel ini bisa menambah nilai moral remaja Indonesia yang akan menambah wawasan untuk pada remaja agar selalu sabar dan tabah dalam menjalani cobaan dari Allah SWT, dan selalu bersyukur apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

                                                       Cindy Dwi Cahyaningtyas - 09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar